head Asal Usul Blog Muthmainnah - Muthmainnah

Asal Usul Blog Muthmainnah

By Y. Muthmainnah - May 31, 2016



Assamamu'alaikum.

Nak mulekan cerita saya tentang sejarah Muthmainnah.

Sebelum Muthmainnah menjadi seperti sekarang ini ada banyak kisah yang dilalui penulis (red;saya) sebelum memutuskan untuk membeli domain TLD.

Awal mula saya ngeblog itu ketika saya nganggur selama setahun setelah kelulusan SMA sebelum melanjutkan kuliah. Tahun 2011 saya memulainya. Iseng-iseng saja. Yang saya tulis hanya kesukaan saya saja. Pencak Silat waktu itu cerita yang saya buat, tetapi sudah saya hilangkan dari blog. Kenapa blognya dihilangkan? Karena itu masa lalu dan saya Alhamdulillah sudah berhijrah. Saya yang sebelumnya tomboy dan nakal Alhamdulillah sudah bertaubat. Semoga taubat saya diterima Allah SWT.

Lama tidak ngeblog, blog isinya hanya satu pos yang itu saja. Bayangin aja, ini blog ada penghuninya gak sih kok gak pernah update. Iyalah karena baru posting satu lalu ada gejolak di hati. Hijrah adalah penentram gejolak hati tersebut.


Blog menurut saya itu seperti diary online, atau majalah pribadi (majalah pribadi yang buat kita yang baca juga kita gitu kali ya alias majalah gak laku-laku hehe). Blog yang gak ada pembacanya. Minimal manfaat kita ngeblog adalah membiasakan kita menulis. Menulis itu sangat bermanfaat di segala bidang. Mau daftar sekolah harus menulis. Karya wisata disuruh menulis pula. Hingga sudah bekerja pun disuruh menulis pula bahkan ada nih yang jika gak bisa menulis maka gak naik pangkat (kasihan ya).

Lalu setelah sekian lama bosan karena kudet dan karena dimarahin sama suami gara-gara hampir setiap saat update status pesbuk yang gak bermanfaat yah “Mending kamu ngeblog aja deh daripada update status yang gak jelas kayak gitu” okelah manut. Daripada statusnya juga bikin emosi orang emang mending ngeblog sih bisa dapat penghasilan.

Lumayan donk buat nambah jajan anak. Aammiinn.

Ya sudahlah tidak usah dipikirkan. Ngeblog insya Allah lebih bermanfaat sekaligus taat sama suami (bagi saya) yang bernilai ibadah. Insya Allah dan semoga saja digolongkan menjadi istri yang sholehah aammiinn (saya selalu do’a ini, supaya menjadi istri shlolehah biar suami senang dan Allah pun ridho). Pan enak tuh bisa masuk surge dari pintu mana saja. Asalkan shalat lima waktu, puasa Ramadhan, taat suami, jaga pandangan (apalagi ya, lupa nih).

Kurang lebih seperti ini hadistnya.

"masuklah dalam surga melalui pintu mana saja yang disukai". Hadistnya shahih yaa dari HR. Ahmad 1:91 dan Ibnu Hibban 9:471.

Ngeblog bagi saya adalah untuk berbagi inspirasi, senang, silaturahmi dan bisa berbonus penghasilan.

Yah, itulah awal mula saya ngeblog lagi di awal tahun 2015.

Pertamanya sih bingung mau diisi apa yah ini kok buntu gini malah jadi kebanyakan pikiran. Kakean pikiran iso mlebu rumah sakit.

Hehehe gak jadi masuk rumah sakit kok, Cuma pusing aja yang makin ditambah pusing karena melihat adik saya yang akan Ujian Nasional tetapi malah nonton televisi terus.

Akhirnya dapat ide. Adik saya yang sedang nonton tivi (red:televisi) yang saya jadikan objeknya. Tulisannya ya datar banget sih. Mak namanya belajar ya dari nol keleess masak belajar langsung mahir. Hmmmm.

Iyah daripada mau ujian malah gak belajar. Kalau pun lulus ya hanya sekedar lulus doang kan gak asyik banget gitu lho.

Begitu pula dengan ngeblog. Semua orang bisa bikin blog terutama yang gratisan, tetapi gak semuanya asyik dibaca. Harus banyak banyak belajar agar pandai ngeblog.

Kalau saya sih yang paling utama dijadikan jurus ngeblog adalah kode html.

Semula saya pusing berbulan-bulan gonta ganti template karena gak bisa kode buat ngeditnya. Yauwislah baca blog-blog teman (padahal belum kenal sama penulisnya). Ikutan grup Blogger Aktif Menulis juga membuat pengetahuan saya akan coding Alhamdulillah meningkat pesat.

Setelah dapat template yang menurut saya cakep akhirnya saya mulai menulis.

Menulis tentang review pernah. Menulis yang buat lomba yang mengharuskan bercerita seperti iklan pernah juga. Menulis tentang masakan, travelling dsb. Gado-gado lah blog saya ini. Inilah personal blog. Blog yang menceritakan pengalaman dari penulis yang tak hanya satu bahasan saja.

Blog pertama saya yang berhasil mempunyai artikel lebih dari 2 biji adalah Resep Ndeso. Ini blog saya yang mempunyai niche tentang masakan saya. Mulai dari kue, camilan, hingga ikan. Dan yang paling diunggulkan dari Resep Ndeso adalah resep gereh bumbu sarden yang uenak bzeangeett. Resep ini ngawur waktu saya praktek tetapi hasilnya gak ngawur lho. Suami saya malah menyukai masakan saya yang satu ini dan ingin dibuatkan lagi.

Blog kedua saya adalah Fiqhunnisa yang ber niche tentang pembelajaran fikih wanita yang sudah tidak saya rawat lagi.

Sebenarnya saya mempunyai banyak blog. Tetapi hanya tiga blog saja yang berisi. Lainnya hanya digunakan untuk percobaan template. Hehehe.

Saya ada tips supaya blog kita bisa bergaul dengan yang lain. Ikutan grup blogger sangat bermanfaat lho untuk promosiin blog kita. Ada banyak grup blogger di Indonesia. Mulai dari grup blogger yang isinya emak-emak hingga yang bapak bapak sama ibu ibu ada.

Salah satu yang saya ikuti adalah BAM yang ada grup WAnya juga jadi sangat membantu jika kuota modem sedang menipis. Grup ini nih yang bikin saya melek coding, hehe. Grup yang dipandu oleh anak-anak muda yang bersemangat.

Saya pun ikutan semangat buat ngeblog. Dan Grup emak-emak yang bikin ceria dengan gaya bahasa emak-emak yang unik bikin ketularan kalau saya lagi typing pakai bahasa yang campur aduk. Tapi fun.

Blog membuat saya bersemangat dan menemukan hobi baru. Sesekali ketika suami libur saya ajak travelling karena kebetulan suami saja adalah husband traveller dan dulu ketika menikahi saya dia bilang kalau ingin sekali travelling bareng saya yang suka pergi ke gunung atau lari ke pantai. Aahh pecahkan saja gelasnya biar rame.

Suami istri yang mempunyai hobi yang sama. Romantisnya. Aahh jangan iri yaa apalagi pengen kalau kamu jomblo. Bahaya! Nikah dulu baru pengen pit pitan bareng suami kayak saya.

Memori daun pisang nana nana nanaaaa (oopss maaf! Sambil nonton kartun sih. Hehehe)

Nah itulah pengalaman dan sejarah blog Muthmainnah. 

Semoga menginspirasi.
 

Wassalamu'alaikum wr.wb



"Tulisan ini diikutsertakan dalam Give Away dan Kontes Menulis Di Blog"

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

Jazakumullah khairon katsiron atas kunjungannya.
Silahkan tinggalkan kesan dan pesan.
Mohon jangan spaming ya :)

"Backlink-lah dengan cara yang ma'ruf"