Liburan ke Bengkulu, Wajib Coba Kuliner Sedap Ini!

By Muthmainnah Yuria - January 27, 2018

Sudah lama sekali ingin mengunjungi Bengkulu. Silaturahim ke tempat tinggal salah satu saudara Umak. Naik pesawat sepertinya bakal menjadi pilihan kami sekeluarga. Oh, ya. Ummi mau ke Bengkulu juga kah bersama keluarga? Cek dulu harga tiket pesawat Garuda menuju Sumatera, dan segera booking yang sesuai kantong atau hari luang. Sebelumnya, pastikan dulu bisa berlibur agak lama, supaya bisa puas menjelajah kota tujuan nantinya. Kalau perlu ambil cuti, segera saja ajukan. (Cuti liburan dulu ya Bu Bos atau Pak Bos. Kurang piknik nih. Hehehe)
Nah, setelah semua beres, saatnya bikin itinerary, mau ke mana saja di Bengkulu nanti. Ada banyak tempat indah di kota ini yang wajib untuk dikunjungi. Eh, tapi jika berlibur ke suatu tempat rasanya kurang sreg ya, Ummi kalau belum menjelajah wisata kulinernya juga. So, dalam daftar berkut ini, ada beberapa makanan khas yang harus dicoba saat berada di Bengkulu nantinya.

Apa saja itu? Yuk cek langsung!

 

1. Tempoyak

sumber:sarihusada.co.id
Makanan khas Bengkulu yang satu ini berbahan dasar buah durian. Teryata tak hanya ada di Bengkulu sebenarnya. Di Pagaralam dan Palembang pun juga ada. Mungkin ini khas Melayu ya. (Barangkali Ummi tahu Tempoyak itu khas mana, bisa  kasih tahu di kolom komentar ya.) Tempoyak itu merupakan fermentasi, dari buah yang digemari banyak orang Indonesia. Tempoyak lebih sering diolah menjadi sambal. Nah, saya pernah mencoba yang di Pagaralam. Rasanya eehhhmmmmm. Namun, Tempoyak yang paling terkenal di Bengkulu yaitu yang diolah bersama ikan patin. Cobain yuuk.

2. Pendap

sumber:gadogadoenak.blogspot.co.id
Lauk yang satu ini merupakan olahan dari ikan. Dijamin bakal ketagihan dan tambah nasi hangat jika sudah mencoba makan Pendap. Cara memasaknya cukup mudah loh. Siapkan bawang putih, cabe giling, kencur, dan kelapa parut muda. Masukkan semua resep tersebut ke dalam daun talas bersama dengan daging ikan, rebus sekitar 8 jam, dan ikan pun matang dengan bumbu yang meresap. So yummy! Masya Allah!

Baca juga : Resep Tahu Kupat Gaden

 

3. Bagar Hiu (Bagar Bengkulu)

sumber:beritsatu.com
Masih juga seputar ikan, yang kali ini harus dicoba menu olahan khas Bengkulu yang mirip dengan gulai pedas. Kalau biasanya Ummi masak gulai dengan ikan kakap, di sini ada ikan hiu yang ternyata rasanya pun nikmat. Daging yang dipakai untuk memasak Bagar Hiu ini biasanya berasal dari hiu punai atau tanduk, karena tidak begitu amis. Banyak rempahnya juga yang dipakai dalam olahannya, sehingga rasanya pun nikmat. Mau coba? Atau malah mau masak Bagar Hiu juga?

Baca juga : Yuk Masak Bareng Chef

 

4. Kue Tat

sumber:maemyuk.com
Tak hanya ikan-ikanan, Bengkulu juga punya kue khas. Namanya Kue Tat (Bay Tat). Kue Tat (Bay Tat) didominasi rasa gurih, karena memang ada campuran adonan serta bumbu khusus saat membuatnya. Dalam sejarahnya, kue yang satu ini dipercaya merupakan jamuan untuk raja. Kini kue tat sering jadi sajian Idul Fitri, tapi bisa dibeli kok di toko-toko kue yang ada di Bengkulu. So, sebelum pulang, jangan lupa beli kue ini untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

5. Kue Lepek Binti

sumber:beautiful-indonesia.umm.ac.id
Bisa bayangkan bagaimana aroma makanan yang dikukus dalam balutan daun pisang bukan? Nah, kue yang satu ini salah satunya. Diikat serupa kue lepet, kue ini dibuat dari adonan tepung ketan, garam, santan, daun salam, lengkuas, dan beberapa bahan lainnya. Kue Lepek Binti ini juga wajib dibawa pulang untuk oleh-oleh dari Bengkuku. Namun harus diperhatikan waktu konsumsinya, karena kue ini tidak bisa bertahan lama. Jadi jika perjalanan kembali pulang tak terlampau lama, boleh deh beli buat oleh-oleh atau belinya dadakan kayak tahu bulat sebelum perjalanan pulang.

Masih banyak lagi makanan khas Bengkulu yang harus dicoba, namun lima yang ada dalam daftar di atas tak boleh kamu lewatkan. So, segera cek harga tiket pesawat Garuda, dan tentukan jadwal terbangmu. Bengkulu sudah menunggu dengan keindahan alam dan nikmatnya kuliner khas di sana. Happy holiday!

  • Share:

You Might Also Like

18 komentar

  1. Punya referensi tempat yg rekomendid untuk studytour di Bengkulu Ndak ?

    ReplyDelete
  2. Itu yg bagar hiu kemrin pernah di bhs diganti dengan nama bagar Bengkulu. Namun karena blm tersosialisasi dengan baik. Maka masih banyak yg menyebutnya begitu. Sama satu lagi kue tat disebutnya Bay tat

    Btw kalo ke Bengkulu lagi mampir yaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. wokey.. mak
      saya catat bagar bengkulu dan bay tat..
      mau ikut menyosialisasikan juga ah.. terima kasih koreksinya mak :)

      wokey insya Allah mampir mak :)

      Delete
  3. Ya ampuuun enak-enak, aku suka Tempoyak

    ReplyDelete
  4. Kuliner Bengkulu hampir mirip dgn kuliner Palembang.. Ada gulai tempoyak juga.. Kalau saya ke Bengkulu suka dibawain oleh2 Kue Tat sama saudara yg ada di sana.. Trus suka bawa kopi Bengkulu juga.. Rasa kopi Bengkulu tak kalah nikmat koq..

    ReplyDelete
  5. Didominasi ikan semua ya mba makanan yang beratnya. Pendap paling menggiurkan

    ReplyDelete
  6. Tempoyak khas Jambi mba, setahu saya sebagai orang Jambi hehe. Tp mungkin karena serumpun melayu jadi kuliner khasnya sama. Salam dari Jambi.

    ReplyDelete
  7. Dari lima kuliner itu cuma tempoyak yang pernah denger, tapi belum pernah nyobain.
    Kue lepek binti itu dalamnya ada isian apa ya?

    ReplyDelete
  8. Pengen nyobain icip icip makanan yang namanya tempoyak sepertinya enak sekali

    ReplyDelete
  9. ngiler sama tempoyaknya mba heheheh kayak digulai itu ya tapi kok bahannya durian.

    ReplyDelete
  10. What? Ikan hiu? Penasaran sama rasanya deh mba. Kalau ikan pari aku pernah coba hehehe.. btw tempoyak aku kira dari riau, duren + sambal tapi bukan gulai duren

    ReplyDelete
  11. wah ada tempoyak juga,sama dong di jambi ada juga gulai tempoyaknya

    ReplyDelete

Jazakumullah khair..
Silahkan tinggalkan kesan dan pesan.