Banner

https://www.muthmainnah.com

Ini Dia Cara Menjadi Content Creator Dengan Modal Smartphone Saja


Menjelang 2019 sudah banyak sekali generasi milenial yang mulai bermunculan ke jagat media sosial mencoba peruntungannya menjadi influencer. Walaupun memang sebenarnya mereka hanya latah ingin menjadi selebgram hits (ini rata-rata anak muda ya yang hanya pengen menjadi yang paling ngehits, ini hasil penelitianku nanyain anak-anak SMA yang sering minjem kameraku hehehe.) menjadi content creator Youtube, bahkan juga latah ingin menjadi blogger. Wkwkwkwkwk. Termasuk aku dulu juga latah sih.

Memang menyenangkan bekerja di bidang kreatif. Apalagi Digital Creative benar-benar sesuai dengan pasion orang zaman now yang ingin bekerja dari rumah saja namun mempunyai penghasilan yang cukup menggiurkan atau seorang karyawan yang ingin mempunyai pekerjaan sampingan yang tak menganggu jadwal pekerjaan utamanya dan juga banyak jumlah kaum ibu-ibu yang ingin memanfaatkan waktu luang disela-sela istirahatnya biar bisa beli gincu sendiri.


Namun menjadi influencer tak serta merta hanya ‘upload-langsung ngehits’ saja lho. Emang siapa elo sehits itu. Awkarin aja butuh kreatif dulu baru ngehits.

Ada tangan-tangan kreatif dibalik akun beken yang menjadikan setiap konten yang diupload itu bakal menjadi hits atau tidak. Bermanfaat untuk dilihat atau hanya konten asal-asalan bikin saja. Menjadi kreatif selain jago memvisualisasikan ide juga pastinya membutuhkan ketrampilan untuk menuangkan idenya menjadi sebuah konten. Entah itu konten video, konten tulisan/artikel, konten foto, dsb. Semua itu membutuhkan skill yang tidak didapatkan dari lahir. Butuh belajar. Butuh alat. Butuh modal untuk belajar dan membeli alat penunjangnya.

Content Creator itu membutuhkan apa sih?

1. Kamera untuk menghasilkan foto dan video berkualitas. 
2. Aplikasi ms. Word untuk mengetik konten.
3. Aplikasi editing gambar dan video
4. Aplikasi sosmed untuk mengenalkan karyamu
5. Skill photography, editing dan copywriting juga dong tentunya. Kalau nggak bisa ya butuh kursus atau sekolah khusus multimedia.


Mahal juga ya modal awalnya. Iya mahal lah. Tapi bisa dipangkas kok kemahalan yang tertera di setiap harga seperangkat alat canggih, aplikasi, maupun kelas kursusnya. Tidak harus dengan membeli laptop yang mahal dan walaupun beli yang murah pun tidak bakalan bisa dipakai untuk editing karena gak kuat dengan beratnya aplikasi editing yang banyak memakan ram dan memori.

Mending pakai smartphone dulu kalau menurutku sih sebelum ke tingkat advance memakai laptop karena smartphone yang murah pun sudah bisa ini itu dibandingkan laptop murah (dan keduanya ini harganya sama).

Cukup dengan sebuah smartphone murah sudah bisa kok. Kamu bisa mencari smartphone murah yang memakai sistem android Go agar bisa hemat RAM ketika kamu mengoperasikannya. Sedangkan memori penyimpanan masih bisa ditambahkan memori eksternal. Memakai Facebook Lite atau Youtube Go sudah bisa kok. Sisanya kamu tinggal download aplikasi editing foto/video yang versi lite juga. Ada kok yang gratis. Kalau mau yang pro tinggal bayar dengan pulsa juga bisa.


Berita baiknya kalau kamu beli Advan S50 4G yang harganya hanya 700an ribu sudah bisa dapat smartphone canggih sekaligus paket bundling smartphone unlimited selama setahun penuh. Hemat kan? Cocok untuk creator pemula yang masih dalam tahap pengembangan diri agar tidak memakai modal terlalu besar padahal belum peroleh keuntungan. Yah namanya juga modal awal harus pinter-pinter cari harga dan manfaat kan daripada gengsinya. Yang penting jalan dulu sambil belajar digital marketingnya, SEOnya, copywritingnya, editingnya, photography bahkan coding websitenya.

Belajar digital creative dari Yotube saja.

Dulu waktu awal-awal ngeblog pengen banget kuliah lagi atau ngambil kursus multimedia atau kursus menulis yang harganya bisa sampai sepuluh juta rupiah untuk pendidikan selama setahun. 

Namun berpikir lagi, kita hanya butuh ilmu praktisnya saja sedangkan ijasah mungkin hanya akan disimpan karena kita bakalan kerja dari bilik ruang dalam rumah sendiri, bukan di sebuah perusahaan besar yang membutuhkan aneka ijasah warna-warni. Mulai curhat sama senior-senior dan mereka kebanyakan bilang “Nggak usah kursus segala macam, di internet sudah banyak kok. Aku pun lulusan perawat tapi bisa coding ya dari internet.” Begitu kurang lebih inti dari saran kak senior tsb.



Mulai aku browsing artikel dan video Youtube tentang editing gambar, editing video, dan semua ilmu-ilmu yang dibutuhkan oleh seorang creator untuk membuat konten. Waktu itu smartphoneku hanya murahan banget lho tapi bisa diisi ini itu.

Apalagi jika memakai Advan S50 4G yang spesifikasinya (cek spek di sini) lebih keren lagi ditambah aplikasi-aplikasi versi lite sudah pasti bisa dipakai untuk ini itu. Dan aku sih lebih enakan pakai smartphone daripada di laptop yang hanya bisa dipakai buat ngetik dan coding template di blogger doang karena memang laptop murah. Seolah-olah dunia dalam genggaman.


Sering banget lihat video youtube tentang editing foto di smartphone, editing video di smartphone, coding template dsb. Semua ada di Youtube dan kalau pakai paket smartphone unlimited Indosat Ooredo yang didapat dari Advan S50 4G sudah pasti hemat banget karena gratis Youtube dan sosmednya hingga setahun. Mungkin tahun ini kamu beli eh tahun depan sudah bisa jadi mastah karena sudah khatam ilmu multimedia yang hanya belajar otodidak lewat Youtube saja yang ditonton setiap hari.

Post a Comment

26 Comments

  1. semua mudah ya mba cuman dengan smartphone :) apalagi pake advan s50 aku galau jadi pengen beli hehhee

    ReplyDelete
  2. Kayaknya enak ya Mbak jadi content creator. Apalagi di jaman sekarang gak mesti biaya gede gitu. Asal ada kemauan aja kayaknya bakal lancar aja tuh.

    ReplyDelete
  3. Aku masih gaptek nih kalo soal bikin dan edit video hehe, bisa banget ya belajar dari youtube.
    Btw asyik juga nih Advan, bisa youtube dan sosmed an gratis setahun.

    ReplyDelete
  4. Saya kalau ngetik lebih seneng lewat laptop sih mak..soalnya kalo pakai smart phone suka typo..tp padahal dulu awal ngwblog juga pake hape sih..lbh simple

    ReplyDelete
  5. Memang sekarang segala mudah dengan hp ya mba. Sayapun seringnya menulis di hp, hihi

    ReplyDelete
  6. Sebenarnya simple ya jadi content creator karena smartphone jaman sekarang udah canggih. Tapi ya gitu, rasa malas saya hiks.. Video udah numpuk tapi kagak diposting-posting.

    ReplyDelete
  7. anakku banget nih, kepingin jadi yutuber, padahal masih piyik, udah maksa minta diajarin editing. kepikiran beliin advan biar bisa puas utak atik yutubnya :)

    ReplyDelete
  8. Belajar dulu saja ya mba sebelum beli peralatan canggih

    ReplyDelete
  9. Marwah, 10 tahun udah mupeng pengen jadi yutuber nih, makasih ya tips nya

    ReplyDelete
  10. asyik banget ya, mau belajar menjadi content creator mudalnya smartphone, jadi kepingin nyoba Mbak

    ReplyDelete
  11. Yang penting mulai dulu dengan alat sederhana jangan ditunda berkarya yaaa

    ReplyDelete
  12. Niat dan mentalnya yg lebih penting kan ya mbak. Kalau niat dan mentalnya kuat, dg fasilitas yg nggak mahal2 pun tetap bisa produktif trus jdnya bisa beli peralatan yang canggih nan mahal.(tapi dua itu belum ada di saya hiks hiks hiks)

    ReplyDelete
  13. Aku sering banget menyelesaikan pekerjaan semua hanya bermodal smartphone jadi memang butuh yang support.

    ReplyDelete
  14. Keren memang penawaran Advan seri ini. Udah mah hapenya keren, paket bundlingnya pun menarik. Bikin yang suka sosmedan dan siapa pun yang bekerja ngandelin hape, bisa melakukan semuanya dengan tenang. Tanpa takut bengkak di budget kuota. :)

    ReplyDelete
  15. Eh, iyaaaa...

    Kenapa ini ada 404? Hp bundakah yg error. Td udah momen koq ilang. Ni nngulang lagi pokoknya bunda nih orangnya serba kepengen bljr ilmu blogging tp tp blom berhadil. Hp i i ngeliat grgnya yg 709rb keknya terjangkau sih sama budget uang bulanan. Tp bljrnya vak bisa otodidak hrs ada mentor, huhuhu....riweuh di bunda ya.

    ReplyDelete
  16. Kalau handphone dengn kualitas sebagus ini, pasti deh keinginan jadi content creator semakin kuat dan sukses di bidangnya :)

    ReplyDelete
  17. Saya juga sekarang lebih sering belajar lewat YouTube kak. Selain Simpel, bikin video konten juga semakin mudah berkat aplikasi-aplikasi yang tersedia di PlayStore.

    ReplyDelete
  18. Edit video dan bikin info grafis yang smooth, berharap banget bisa mempelajari kedua hal tsb. Bener mbak, kalau saya juga butuh ilmu praktisnya, yg penting digunakan dan hasilnya dapet.

    ReplyDelete
  19. Wah ada yang nulis Advan lagi nih, kan aku jadi mupeng. Lagi butuh hape kedua untuk support kegiatan ku sebagai content creator nih

    ReplyDelete
  20. waah keren nih specnya buat yang belajar bikin video,
    jaman now bikinvidoe kece cukup dr hp yaa

    ReplyDelete
  21. Aku ngedit video sih masih menggunakan smartphone, apalagi yang endingnya bakal di upload ke youtube. Cocok ini smartphonenya untuk yang demen main youtube.

    ReplyDelete
  22. Memanfaatkan gadget uk sesuatu yang bermanfaat ya mbak.
    Saya jg selama ini bikin konten yutub pakai henpon lho, soalnya cuma menguasai aplikasi edit video dr hape aja hehe

    ReplyDelete
  23. Bisa kreatif sebagai content creator tanpa perlu mengeluarkan dana banyak memang menjadi harapan kita ya mba. Jika kita menuangkan daya kreatif kita dengan device yang ada dulu, kenapa enggak. Apalagi kalau ada dukungan dapet akses youtube unlimited setahun gini ya, waaww...idaman bingiiitt...

    ReplyDelete
  24. Iyaa...
    Aku suka penasaran gitu...ini bikin video sekece ini gimana siih?
    Dan beberapa teman mengaku, hanya menggunakan HP.

    Keren yaa...
    Ini rahasianya ternyata~

    ReplyDelete
  25. Alhir-akhir ini kalau ngeblog dll aku lebih sering pake hp. Dan sepertinya advan cukup bisa dipertimbangkan

    ReplyDelete
  26. Kudu upgrade hp dulu nih Mbak kayaknya kalau mau content creator pake hp ya, :( hp saya yang sekarang udah lola nih, :(, apakah perlu beralih ke advan? :D

    ReplyDelete

Jazakumullah khair..
Silahkan tinggalkan kesan dan pesan.