Recent Posts


Detox After Lebaran Dengan Puasa Syawal


Bismillah. Assalamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuh. Taqabbalallahu  minna wa minkum. Selamat Idul Fitri bagi segenap pembaca Muthmainnah.com. Mohon maaf lahir dan batin.
Lebaran adalah momen yang paling dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Hari kemenangan umat Islam yang dirayakan dengan penuh suka cita. Saling bermaaf-maafan dan bersilaturahmi dengan saudara maupun sesama. 

Di hari lebaran banyak makanan terhidang untuk makan dan menjamu tamu. Namun makanan-makanan yang kita atau tuan rumah masak biasanya rendang, opor, pudding, nasi lemak, nasi Arab dll pokoknya yang tinggi lemak serta kalori.

Ketika lebaran pun mayoritas mostly tidak bisa mengerem asupan makanan. Apa saja dimakan. Apalagi jika bertamu, mau menolak makan sungkan pada tuan rumah? Jadi makan sedikit saja. Nanti di rumah saudara yang lain makan sedikit lagi. Pindah tempat pasti makan lagi. Begitu seterusnya sampai mungkin jika ditotal bisa habis sebakul lebih dalam sehari. Belum jumlah rendangnya yang entah sudah berapa mangkok total yang kita makan dalam sehari. Walaupun makan sedikit tapi jika saudara yang kita kunjungi banyak akan membukit juga makanan yang terkumpul di perut. Perut pun ikutan membuncit. Tak hanya itu. Tabungan gula dan kolestrol dalam darah juga ikutan naik. Timbangan yang semula turun karena efek berpuasa mendadak melonjak naik melebihi berat badan sebelum Ramadhan.


Alhamdulillah semua itu insya Allah segera teratasi jika setelah lebaran/selesai silaturahmi segera detox. Detox adalah upaya pembersihan tubuh dari toksin akibat dari makanan-makanan yang tidak ‘clean’ diganti dengan makanan yang ‘clean’. Clean dalam artian bersih dari lemak-lemak jahat jika pun ada lemak maka pilih yang lemak baik, sedikit kandungan gula, serta tinggi serat. Jangan lupa juga workoutnya minimal 30 menit sehari enam kali seminggu dengan istirahat setiap tiga hari sekali. Atau jika memang sibuk, tolong usahakan untuk berolahraga minimal tiga kali dalam seminggu (dua hari sekali).

Mungkin tidak banyak yang menyadari bahwa sebenarnya Islam sudah menyiapkan waktu detox after lebaran dengan puasa sunnah Syawal selama enam hari.

Manfaat detox sambil berpuasa Syawal:
1. Berpahala seperti berpuasa selama setahun
2. Membersihkan system pencernaan
3. Menstabilkan gula darah
4. Mengurangi kadar lemak darah dalam tubuh
5. Membersihkan

Hadist tentang Puasa Sunnah Syawal

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ
“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim no. 1164)

 Baca juga yuk, artikel mak Farida Zulkaidah Pane berikut ini:


Post a Comment

6 Comments

  1. Cocok, detoksnya dengan puasa Syawal 6 hari.

    ReplyDelete
  2. Masyaallah, ya. Memang syariat Islam sdh paripurna. Solusi dr banyaknya makanan yg beredar di hari raya pun sdh tersedia ��

    ReplyDelete
  3. puasa sunah di bulan Syawal memang banyak manfaatnya ya.. dari sisi agama, Insya Allah kita akan mendapatkan pahala yang begitu besar. dari sisi kesehatan, kita mampu membuang lemak jahat dan kolestrol, sehingga badan kita tetap sehat.

    ReplyDelete
  4. Banyak banget ternyata manfaat nya ya mak.. Tapi aku nih kurang di olahraga sering malesnya wkwk

    ReplyDelete
  5. Maaf lahir batin juga ya Mak.. semoga habis lebaran ini kita tetep sehat dan aktif... begitu juga keluarga..

    ReplyDelete
  6. Ga cuma puasa syawal, puasa Ramadhan kemarin itu beneran jadi detox untuk saya yang punya asam lambung dan alergi, mba. Alhamdulillah banget ga kambuh :D

    ReplyDelete

Jazakumullah khair..
Silahkan tinggalkan kesan dan pesan.