Wednesday, 30 November 2016

18:31:00

Resensi Buku : Seberapa Berani Anda Membela Islam?



Muthmainnah.com : Bismillahirrahmaanirrahiim. Seberapa Berani Anda Membela Islam? Adalah judul sebuah buku karya Na’im Yusuf sekaligus pertanyaan yang menyentuh hati para kaum muslimin. Hei, seberapa berani antum membela agamamu, Islam? Apakah antum sanggup binasa asal akidahmu selamat? (Afwan ya ummi, jika mungkin kalimatnya kurang lembut 😊) Lalu muncul pertanyaan, lho kenapa harus binasa? Why? Mengapa? Ngeri ya membela agama nganggo toh nyowo. (Dan sebagian orang berkata) “Ahhh, hidup ini indah jangan mau mati konyol tergila-gila pada dunianya akhirat.” Saya pun terwow-wow dengan mereka yang berfikir sesempit itu.
Aahhh, mereka sebagian tak paham dan sebagiannya lagi belum mau memahami mengapa agama yang rahmatan lil ‘alamin ini harus dibela. Toh nyowo sisan. Lalu, seberapa berani Anda membela Islam? Terus, apakah bela agama harus ‘main petasan’ kemana-mana? Oh, no no no! Islam agama yang damai. Islam itu anti perang. Pantang nyerang duluan. Tapi jika sudah diserang pasti pantang mundur.

Thursday, 24 November 2016

12:22:00

3 Daftar Barang Yang Wajib Dibawa Ke Rumah Sakit Saat Melahirkan


Muthmainnah.com : Bismillahirrahmaanirrahiim. Menantikan buah hati lahir ke dunia memang mendebarkan dan sangat ditunggu-tunggu ya Ummi. Menjelang  waktu melahirkan ada beberapa persiapan yang harus Ummi lakukan yaitu membeli perlengkapan kebutuhan bayi seperti baju,  botol susu, perlengkapan mandi, selimut, dan berbagai kebutuhan perlengkapan bayi lainnya. Jika Ummi dan zauji (red : suami) tidak mempunyai waktu, tidak ingin repot, dan capek membeli semua kebutuhan bayi. Ummi cukup mengunjungi situs belanja online MatahariMall.com.

Toko online ini jual perlengkapan bayi murah yang bisa menghemat anggaran dana Ummi sehingga bisa disimpan untuk masa depan anak-anak. Selain itu hanya di MatahariMall semua kebutuhan bayi Ummi tersedia dan lengkap. MatahariMall memang satu-satunya toko online yang mengerti kebutuhan Ummi yang paling lengkap. Menjelang persalinan yang tidak mudah ditebak kapan waktu melahirkan, pasti membuat para zauji panik apa saja yang barang yang harus dipacking untuk dibawa ke rumah sakit. Tidak perlu panik, cukup catat dan simak baik-baik kebutuhan barang yang harus dibawa saat istri melahirkan.

1.    Pakaian

Bawalah beberapa potong daster dengan kancing dibagian depan. Pakaian ini sangat berguna untuk sang istri memberikan asi setelah melahirkan. Daster ini juga bisa memudahkan istri anda untuk mengganti baju selama menjani perawatan dirumah sakit sampai benar-benar dokter boleh menginjin untuk pulang. Bawa juga beberapa pakaian bayi yang telah dibeli sebelumnya. Sehingga saat diminta pihak rumah sakit kita sudah menyiapkannya untuk membuat bayi tetap hangat. Bawa juga beberapa kain, penutup tangan dan kaki bayi serta satu handuk.

2.    Kebutuhan Sehari-hari

Meskipun kondisi Ummi belum begitu pulih dan tidak disarankan untuk mandi, tetap bawakan sikat gigi, pasta gigi, sabun cair, dan shampo. Sebab dibeberapa rumah sakit sudah disediakan alat untuk pasien bisa tetap membersihkan rambutnya tanpa perlu berdiri dan air tidak mengenai badan. Sehingga Ummi tetap bersih walaupun tidak mandi. Mintalah zauji untuk membawakan juga sisir, bedak, atau peralatan kosmetik Ummi jika sewaktu-waktu ada tamu yang ingin datang menjenguk.



3.    Dokumen Penting 

Dokumen yang sangat penting ini seringkali lupa terbawa. Padahal foto copy KTP, surat nikah, kartu keluarga, ATM, kartu pengobatan bahkan kartu asuransi adalah dokumen-dokumen penting untuk pengurusan administrasi lebih lanjut ke pihak rumah sakit. Agar tidak bolak-balik kerumah mengambil dokumen ini ada baiknya segera siapkan dokumen penting sebelum melahirkan.

Ketiga kebutuhan ini sangat diperlukan untuk dibawa kerumah sakit saat Ummi melahirkan. Siapkan dalam satu tas sehingga tidak membuat Ummi bingung atau lupa membawanya.

Jazakumullahu khairan katsiron




Wednesday, 23 November 2016

00:44:00

Teladan Ketegaran Muslimah di Usia Cantiknya


Biamillahirrahmanirrahiim. Ummi. Bertambahnya usia biasanya menjadi sebuah barometer kematangan seseorang. Semakin tua usia seseorang maka dia akan semakin matang yang ukurannya masing-masing individu sangatlah berbeda. Pun Ummi yang dibilang semakin tua *eh jangan marah ya. Justru menua di usia cantik adalah suatu hal yang bernilai. Yups, usia cantik bukan usia anak remaja lho ya. Usia cantik itu berkisar antara 35-45 tahun. Masa ini kita memang sedang cantik, tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Cantik pokoknya dan matang. (Saya masih di usia imut *hihihi. Saya masih under 25 😁).

Saya mempunyai idola seorang sosok yang matang di usia cantik menurut saya. Beliau adalah Soraya Abdullah Balfas. Di usia cantiknya yang sekarang ini sudah 39 tahun. Pas di pertengahan usia cantik kan.

Siapa sih yang belum tahu Soraya Abdullah? Nggak pernah nonton TV ya (heheehe peace). Nggak pernah nonton TV juga ada manfaatnya kok. Jadi nggak pernah baper nonton sinetron *eh.

Pernah nonton film Gerhana dong pastinya antum yang seangkatan dengan saya keatas. Lihatnya rame-rame bareng tetangga karena waktu zaman itu jarang yang punya TV. Zaman sekarang setiap rumah ada TV. Bahkan bisa di suatu rumah tiap kamarnya ada TV.

Beliau dahulu adalah seorang actress papan atas yang kemudian everybody know lah, beliau berhijrah step by step menjadi lebih baik hingga sekarang dan memutuskan untuk menyempurnakan hijabnya dengan memakai niqab.

Transformasi hijrah beliau ini hampir sama dengan saya. (Bedanya, kalau saya dulu pernah menjadi seorang atlet. Ketika hampir prestasi saya mulai menaik, yah saya merasa hampa) Saya dulu sewaktu awal-awal berhijrah tidak tahu cerita tentang perjuangan hijrah beliau. Saya baru tahu setelah beliau ada wawancara di salah satu stasiun TV. And wow. Amazing. (Tahu emejing yaa hihi). Luar biasa. Subhanallah. Semoga kami senantiasa istiqomah dalam menjaga hidayah yang mahal ini.

Bermacam cobaan dan fitnah dalam perjalanan berhijrah memang selalu ada. Saya pun merasakan betul bagaimana rasa gejolak batin orang-orang yang berhijrah.

Tapi beliau tetap sabar.
Inilah keimanan. Mantap mengamalkan apa yang ada di Alquran dan Sunnah. Tak gentar sedikitpun.


Fotonya di awalan pake niqab... 
Ramadhan Tahun 2007.. 
9 tahun yang lalu, dihina, dikucilkan, difitnah teroris (karena berteman dengan wartawan yang pernah mewawancarai seorang yang fenomenal di Afghan) oleh Media Sekuler satu Indonesia..

9 tahun yang lalu....

Ketika pengajian2 sunnah masih sangat sulit didapatkan 
 ketika akhwat2 bercadar masih susah ditemui... 
Ketika semua mata memandang sinis dan aneh panjang jilbabku yang menjuntai hingga ke lantai....

9 tahun berlalu...

Ketika popularitas ditangan kiriku dan uang berlimpah di tangan kananku...

Cukup sabar, fokus dan selalu bersandar kepada ALLAH sebagai peganganku....

(Soraya Abdullah Balfas)

And now we can see Teteh Aya (panggilan akrabnya) alhamdulillah istiqomah. Sabar dan senantiasa santun. (Kalau saya, dulu pernah mencopot cadar selama beberapa waktu karena orang sekitar saya belum paham hingga akhirnya saya berdoa memohon supaya dapat jodoh yang hafidz qur'an dan alhamdulillah Allah Maha Mengabulkan setiap doa hambaNya. Mungkin karena saya waktu dulu dalam keadaan terhimpit/terdzalimi. Doa orang terdzalimi itu mustajab. Trust me. It's works!)

Tegar menghadapi cobaan
Di balik ketegaran beliau, ada lho sesama niqabies yang tidak suka padanya. Saya sih berpendapat, yah kita tak seperti mereka yang dari lahir sudah berada di lingkungan yang syar'i. Tidak perlu lagi bersosial media untuk mengenalkan keramahan niqab pada lingkungan kami yang awam tentang ini. Mudah diterima dan tidak ada yang negatif thinking tentang niqab. But kami perlu untuk berkorban apa saja agar kami mudah diterima dengan normal dan bahagia seperti mereka. Yes. Surga tidak akan didapat tanpa pengorbanan dan yang menjadi ratu bidadari surga salah satu cirinya adalah wanita-wanita dunia yang berjuang menutup aurat di tengah-tengah mereka yang tidak mau menerimanya. Ratu bidadari surga mulia karena perjuangannya di dunia.

Alangkah indah jika muslimah saling bergandengan satu sama lain. Selalu ramah terhadap sesamanya. And Teteh Aya ini orangnya ramah sekali lho.

Teteh Aya muslimah yang ramah.
Yah walaupun saya hanya baru bisa berinteraksi dengan teteh di dunia maya. Beliau sudah kemripik (renyah). Saya kira sebelumnya bakalan jaim seperti artis-artis kebanyakan. Tapi dugaan saya salah. Teh Aya super ramah. 😚. So, harusnya muslimah lain harusnya ramah juga terhadap sesama wanita.


Single Parent dari anak-anak yang terdidik dengan Alquran
Ini yang paling saya kagumi dari Teh Aya. Walaupun single parent akan tetapi Teh Aya selalu berusaha untuk mendidik anak-anaknya dengan Alquran. And now, anak laki-laki teteh (ituh lho si Aa) sedang menempuh pendidikan tahfidz di pondok pesantren.

Pun dengan anak perempuannya. Zahra walaupun masih kecil tapi sudah paham menutup aurat lho. Hayuukk yang besar-besar jangan mau kalah. 😀

Kenapa sih kita harus mendidik anak dengan Alquran agar menjadi anak yang sholeh?

Karena anak merupakan investasi akhirat yang jika kita sudah tiada masih bermanfaat bahkan akan sangat bermanfaat untuk kita. Lho, kok bisa. Iya dong. Doa anak yang sholeh untuk orang tuanya tidak akan terputus manfaatnya, dan inilah salah satu amal penolong kita di alam setelah alam dunia. Maka yuk berlomba menjadikan anak-anak kita sholeh. Dan yang merasa jadi anak, yuk berlomba menjadikan diri kita tiket surganya orang tua kita 😀


Sebagai penutup saya ingin memberikan seperti pesan-pesan cantik untuk muslimah lewat keteladanan Soraya Abdullah di usia cantiknya :

1. Sabar dan istiqomah
Apapun yang dibicarakan orang (yang iri lho) biarkan saja selagi kita berjalan diatas kebenaran. Barangkali mereka belum paham. Doakan. Allah Maha membolak-balikkan hati. Begitupula yang sengaja membuat fitnah untuk kita. Doakan agar Allah berikan hidayahNya.

Jangan membalas keburukan dengan keburukan.

2. Senantiasa istoqomah dan tegar di tengah badai.
Apapun tantangan, misal dibilangin "ih nggak gaul, kudet dll" yah tetap pede aja. Just be yourself, do the best. So, Allah will do the rest.

3. Walaupun bagaimana keadaan kita, tetap ramah yuuk. Apalagi dengan sesama wanita. Jangan jaim, boleh kok jika ingin mengenal lebih dekat dilepas dulu niqabnya (yang berniqab) jika di dalam ruangan hanya ada emak-emak. Mereka pastinya emak-emak cantik ingin melihat senyum ramah kita.

4. Didik anak-anak kita dengan pendidikan terbaik, khususnya untuk muslimah, didiklah dengan Alquran dan didiklah sesuai dengan tuntutan zamannya. Karena nantinya mereka akan hidup di zaman yang berbeda dengan zamanmu sekarang.

5. Jadilah istri yang shalihah untuk suamimu. Karena surgamu ada pada keridhoan suamimu.

6. Yuuk jadi anak yang sholeh sebagai wujud bakti kita pada orang tua. Walaupun mungkin kita tiada bergunung-gunung emas dan mutiara untuknya ataupun segudang perhatian yang terhalang oleh waktu. Kita berikan berjuta-juta doa untuk mereka. Agar kita menjadi tiket surga untuk keduanya.

Jazakumullahu khairan katsiron.


“Lomba blog ini diselenggarakan oleh BP Network dan disponsori oleh L’Oreal Revitalift Dermalift.”

Thursday, 17 November 2016

12:03:00

Pesona Wisata Malam di Tengah Gemerlap Lampu Kota Yogyakarta

Menjadi ibu rumah tangga, kegiatan tidak pernah terlihat tapi dilakukan dengan tenaga yang gak sedikit ya ummi. Apabila ummi sudah mulai merasa penat dengan rutinitas sehari-hari yang menyita waktu, mungkin sekaranglah saatnya untuk segera ambil cuti demi menyegarkan pikiran. Jika ummi rindu dengan sajian khas Kota Gudeg, (saya ini kebetulan kelahiran sana lho) maka berlibur ke Yogyakarta bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat dalam upaya refreshing ummi dan keluarga kali ini. Salah satu penginapan ternama di Yogya ada loh yang menyajikan menu tradisional khas Yogya selain menu internasionalnya.

Penasaran?

Sebaiknya, segera ambil smartphone ummi, kemudian buka aplikasi Traveloka dan cari Novotel Yogyakarta. Dalam aplikasi ini, ummi akan mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai Novotel Yogyakarta. Mulai dari lokasi, fasilitas, harga, ulasan pengunjung serta keuntungan lain yang akan ummi dapatkan selama berlibur dan bermalam di kawasan Novotel Yogyakarta dan sekitarnya. Jadi, jangan ragu untuk membuat liburan ummi sekeluarga semakin nyaman dan menyenangkan.

Apabila urusan penginapan sudah teratasi, so saatnya ummi merencanakan destinasi wisata yang akan dikunjungi selama di Yogya. Sangat disayangkan, jikalau masa cuti ummi tidak dimanfaatkan sebaik mungkin bukan? Jadi, selain menikmati liburan di hotel dengan fasilitas yang mengasyikkan, ummi juga sah-sah saja kok jalan-jalan menikmati suasana Yogyakarta. Berikut beberapa referensi destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi di sekitar Novotel Yogyakarta. Check this out!

1.    Tugu Yogyakarta

Sumber: wisata-yogyakarta.com

Dengan menempuh perjalanan sekitar 1.2 kilometer dari Novotel Yogyakarta, ummi dan keluarga bisa menikmati pesona keindahan malam di Tugu Yogyakarta. Siapa sangka salah satu tempat yang menjadi ikon Kota Yogyakarta ini menyimpan mitos yang cukup menarik, yakni siapapun yang berfoto dengan latar belakang Tugu Yogyakarta, maka suatu hari akan datang kembali ke Yogya. ummi tertarik untuk membuktikannya?

Tugu Yogyakarta semakin ramai ketika langit malam semakin pekat. Dengan gemerlap lampu yang menerangi kota, tak jarang wisatawan memilih Tugu Yogyakarta sebagai spot foto menarik yang wajib dikunjungi saat malam. Selain kondisi perempatan jalan tempat Tugu Yogyakarta berada yang tergolong sepi, ummi juga bisa mengambil gambar Tugu Yogyakarta yang seolah menyala kuning keemasan ditengah gelapnya malam.

2.    Jalan Malioboro


Sumber: anekatempatwisata.com

Ada apa sih di Jalan Malioboro? Sudah pasti ummmi tahu jawabannya kan? Banyak yang bilang, belum ke Yogya namanya kalau tak mampir ke Malioboro. Karena Yogyakarta juga cukup terkenal dengan destinasi wisata belanjanya yang ada di Jalan Malioboro. Jaraknya kurang lebih 1.8 kilometer dari Novotel Yogyakarta. Di Jalan Malioboro yang terbentang sepanjang 2.5 kilometer dari Tugu Yogyakarta hingga Kantor Pos Yogyakarta ini selalu menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Kepopuleran Malioboro tak hanya dirasakan oleh wisatawan lokal, tapi juga hingga ke mancanegara. Bagaimana tidak, di tempat ini ummi akan merasakan sensasi berbelanja yang tak terlupakan. Berbagai jenis dagangan kaki lima yang unik dan cantik siap membuat mata Anda berbinar ditambah harga yang dipatok oleh pedagang cukup terjangkau dan masih bisa ditawar.

Jadi kalau mau hemat, uuhh kekep dompet ya umm. Disini banyak barang murah. Jangan kulakan deh pokoknya.


Sumber: harianjogja.com

Jalan Malioboro menawarkan berbagai jenis pernak-pernik tradisional seperti souvenir khas Yogya, miniatur kendaraan tradisional, hingga beragam kerajinan tangan yang unik. Selain itu, ummi juga bisa membeli segala kebutuhan rumah tangga, busana batik berbagai model, blankon, dan lain sebagainya. Meskipun pesona Malioboro bisa dinikmati setiap waktu, namun lebih disarankan untuk menikmatinya pada malam hari.


Sumber: anekatempatwisata.com

Selain suhu udara yang lebih bersahabat dibandingkan siang hari, ummi juga bisa menikmati sajian kuliner khas Yogya yang hanya dijajakan pada malam hari. Sambil belanja, ummi juga akan ditemani oleh lantunan musik dari musisi jalanan yang mulai beraksi. Oh, ya live musik angklung di jalanan ini benar-benar menggelegar (apaah) lho. Jika masih tak cukup, ummi juga bisa berkeliling menggunakan becak ataupun delman serta beberapa jenis kendaraan yang di modifikasi dengan lampu warna-warni yang unik. Jangan lupakan siapkan kamera ya umm.


3.    Pasar Beringharjo

Sumber: indcunpkdr.blogspot.co.id

Tak jauh dari Jalan Malioboro, ummi bisa sekaligus melanjutkan wisata belanja ke Pasar Beringharjo. Jaraknya sekitar 1.9 kilometer dari Novotel Yogyakarta. Pasar Beringharjo merupakan salah satu pasar tradisional yang cukup terkenal di Indonesia. Di Pasar ini, ummi akan menemukan lebih banyak koleksi yang beragam dari busana batik. Siap-siap saja mata akan disilaukan oleh warna-warni lukisan tangan diatas kain yang menarik.

Tak hanya itu, Pasar Beringharjo juga menawarkan koleksi lainnya seperti uang kuno, sembako, bahan dasar jamu, barang antik, jajanan pasar, serta keperluan rumah tangga lainnya. Meskipun pasar ini hanya buka sampai jam 5 sore, ummi tak perlu khawatir. Kehidupan malam di depan Pasar Beringharjo justru baru di mulai sekitar pukul 6 sore sampai tengah malam nanti.


Sumber: youtube.com

Apabila ummi berkunjung saat malam, ummi justru bisa menikmati kuliner khas Yogyakarta yang dijajakan tepat di depan Pasar Beringharjo. Kuliner seperti gudeg, kue terang bulan, tumis oseng-oseng, angkringan, berbagai olahan kikil, serta beragam kuliner lainnya layak dicoba. Sambil mengenyangkan perut dengan sajian makanan yang menggugah selera, biasanya nih ummi juga akan ditemani oleh lantunan lagu Jawa yang mendamaikan. (Zzzzzzzzzzzzz tapi jangan ketiduran disana yaahh)

So, menjadwalkan liburan sudah, jangan lupa yaa ummi menjaga kesehatan selama liburan. Saya ada tips menjaga kesehatan. Bikin gimana gitu yah liburan malah sakit karena kaget dengan musim di tempat tujuan wisata. Walaupun memang bisa menjadi cerita yang menarik untuk oleh-oleh pulang nanti.

Happy holiday ummi


Wednesday, 16 November 2016

12:47:00

Yuk Manfaatkan Harga Promo Untuk Berhemat


Bismillah. Hayoo siapa sih ummahat yang tak tergoda sama promo? Hihihi. Hampir semua ummi heboh luar biasa jika mendengar kata promo. Barang yang diharga promo memang cenderung murah, itulah mengapa Ummi sangat antusias sekali dengan promo. Apalagi promo bulan ini.

Sebagai ummi yang gemar berhemat, (uhuuk) saya merasa tidak mau ketinggalan dengan info-info promosi yang sedang digadang-gadang. Kapan lagi gituh dapat barang murah kalau tidak waktu itu kan karena masa promo ini gak lama. Paling lama mungkin sebulan. Kalau kelamaan waah bisa rugi donk perusahaannya. (Kan sedekah ya, eh) Makanya, jangan kudet biar nggak ketinggalan.

Friday, 4 November 2016

17:43:00

Yuk Masak Bareng Chef Petty Elliott di Alila Solo



Hari Jum'at 4 Nopember sepertinya akan menjadi hari bersejarah. Bukan hanya bersejarah karena sedang ada demo dimana-mana saja lho, ya. Melainkan ada Chef Petty Elliott sedang mampir untuk merayakan ultah Alila Solo dan mengajak kita masak-masakan di Epice Restorant Alila Solo dan dinner bareng juga disana.