Thursday, 22 June 2017

Menjalani Hidup Alami di Kampung Yang Subur


Assalamualaikum, Ummi. Musim liburan baru saja dimulai. Ummi dan keluarga ingin liburan kah? Atau hanya ingin bersantai di rumah? Hhhhhmmmmm Semoga liburan kali ini tetap berkesan ya, Um.

Liburan kali ini, Um. Kami sekeluarga kembali mudik ke kampung halaman suami di lereng Gunung Dempo, Sumatera Selatan.

Suasana disana dingiiiiiiiiiiinnnnnn nian karena di lereng gunung. Masya Allah. Mandi di siang bolong saja kedinginan. Bisa-bisa mandi dua hari sekali atau bahkan mandi seminggu sekali karena saking dinginnya.     Berbeda dengan di Solo, saya malah bisa mandi berkali-kali dalam sehari karena saking gerahnya. Suhu di lereng tempat tinggal saya maksimal 23 derajat celsius. Sedangkan suhu di puncak gunung stabil rata-rata 0 derajat celsius. Pingin banget muncak kesana. Namun, pikir-pikir lagi. Di rumah saja selimutnya setebal ini. Di puncak masa mau bawa-bawa selimut tebal  

Pesona Wisata Malam di Tengah Gemerlap Lampu Kota Yogyakarta  
 
Perjalanan mudik kesana sangat melelahkan. Saya yang baru sehat dari teler berbulan-bulan karena hamil muda harus kembali teler lagi. Bahkan sempat muntah *maaf berwarna merah darah dan di tenggorokan terasa perih. Mungkin karena keseringan maboknya. Saking frustasinya, saya terus nggak mau makan dan minum sampai di Pagaralam. Takut mabok lagi..



Yah, harus dikuat-kuatkan walaupun lemas. Obat anti mual dari Bidan nggak mempan mengurangi rasa mualku. Ingin minum wedang serbat, eh masih di dalam tas dan nggak mungkin akan bongkar muat barang hanya untuk mencari sesachet Serbat Wangi.

Kota besemah ini terkenal dengan kebun kopi robustanya yang nikmat. Khas daerah pokoknya. Rasanya lain.

Gimana yah rasanya. Eeehhhhmmmm. Pokoknya ya gitu deh. Mantap dan nikmat. Suamiku nggak mau kalau dibuatkan kopi selain kopi hasil bumi besemah ini. Makanya kami selalu membawa stok yang banyak ketika balik ke Solo. Teman-teman yang pernah nyicip kopi ini juga bilang kalau kopi ini lebih enak daripada kopi pabrik.

Saya pun kalau sedang tidak hamil minum kopi racikan mertua ini bisa sampai empat kali dalam sehari. Apalagi kalau sedang musim deadline. Bikin melek beneran mak. Tapi, yah....malah lebih fokus ke menikmati kopi sepanjang malam, bukan fokus deadlinennya. Terus....saya sukaaaa banget make hehe kopi ini buat mandi.   

Hamil pertamaku dulu rutin luluran dengan kopi. Hasilnya alhamdulillah minim stretchmark            walaupun selulit masih ada banyak karena memang sudah jarang berolahraga. Olahraga plus kopi baik untuk lulur maupun diminum sebelum kardio adalah membantu menghilangkan lemak kulit. Malah kalau diminum sebelum kardio, lemak yang terbakar lebih banyak. Itu yang bilang pelatih saya dulu waktu masih aktif olahraga. Hasilnya memang ampuh kok untuk weightloss. Susut sekian kilo dan sekian sentimeter.

3 Daftar Barang Yang Wajib Dibawa Ke Rumah Sakit Saat Melahirkan  
 
Boleh dicoba nih untuk Ummi yang galau dengan stretchmark. Saran saya sih, lakukan lulur kopi ini rutin sebelum itu garis-garis bandel terbentuk. Garis-garis itu sebenarnya terjadi karena kulit kita gak elastis lagi.

Ibarat karet kolor yang bisa melar lalu bisa balik lagi berarti karetnya masih bagus. Kalau kulit pasti masih mulus. Namun, karena melar terlampau panjang/besar yah. Dol. Hehe. (Aduh bener nggak nih teori pengawang-awanganku tentang elastisitas kulit ini)
 
Selain kopi, kota ini juga terdapat perkebunan teh yang luas, kebun-kebun cabai, sawi, terong, buncis, dan aneka sayuran lainnya. Tanahnya subur makmur lohjinawi.

Saking suburnya, masyarakat disana rata-rata menanam sayur sendiri di halaman rumah mereka. Mertua saya yang petani kopi pun menanam sayuran juga di halaman rumah dan sekitar kebun kopinya. Jadi kalau mau nyayur jarang sekali beli kecuali beli ayam maupun yang nggak bisa ditanam. Beliau metik sendiri di kebun belakang ataupun diberi oleh tetangga yang sedang panen. Gratis. Bawang habis? Tenang, di belakang rumah ada. Mau iwak? Ada kolam ikan nila dan mujaer di bawah rumah.

Lalu, apalagi?

Kedinginan???

Tenang, ada rimpang jahe di halaman rumah.
 
Minum Jamu Apa Yaa Biar ASI Lancar?

Namun, saya nggak tahu yang mana sih pohon jahe. Saya hanya tahu rimpangnya saja.   Selama ini saya beli jahe di pasar maupun jahe kemasan.

Saya adalah penggemar berat minuman tradisional. Terutama wedang jahe, kunyit asam, beras kencur, dll. Baik yang bikin sendiri, beli di hik jika di Solo, maupun yang kemasan instan.


 
Seperti Serbat Wangi dari Intrafood ini.

Sudah sejak lama saya sering beli dan stok minuman ini banyak-banyak karena memang enak dan hangat. Varian yang lain ada seperti beras kencur dan jahe wangi. Jika ingin yang segar saya bikin es beras kencur. Namun untuk menghangatkan badan di cuaca yang dingin saya lebih menyukai serbat, sih. Lebih pedas dan hangat dari yang jahe wangi.

Cara membuatnya pun cukup mudah lho, um. Tinggal tuang sebungkus serbat ke dalam cangkir. Lalu tuang air panas. Aduk rata. Serbat Wangi siap diminum.

Serbat Wangi enak, pedas, dan hangat. Cocok sekali untuk menghangatkan badan di cuaca yang dingin, meredakan perut kembung maupun kram perut.
 
 
Tiga hari yang lalu saya mabok durian. Di dusun besemah ini sedang panen raya durian, lho, Um. Walaupun saya nggak habis satu buah, namun sudah berdampak negatif untuk pencernaan saya. (Dengar-dengar sih ternyata buah durian nggak baik untuk ibu hamil) Kembung selama beberapa hari. Saya minum deh Serbat Wangi dari Intrafood.

Alhamdulillah, pagi ini sudah mendingan kembungnya. No obat. Just herbal lho.
 
Hatiku Riang Kemanapun Ikut Ummi Jalan-jalan

Nanti di arus balik mau saya coba ah, minum di perjalanan biar tidak mabok.

Mudah-mudahan manjur. Apalagi ini minuman kesukaan. Pasti ibu hamil ini akan bahagia jika obat sakitnya adalah kesukaannya kan, Um

Tuesday, 30 May 2017

Samsung J5 Smartphone Idola Ibu-ibu

Assalamu’alaikum. Apa kabar, Ummi? Saya mau cerita tentang smartphone, nih. Kebetulan smartphone ini adalah idola bahkan rekomendasi para ibu yang menggunakan gadget. Memang tidak semua ibu memakai smartphone merk ini. Namun, sebagian besar ibu-ibu yang saya temui dan saya minta untuk merekomendasikan hape, pilihan yang paling membuat mereka jatuh hati adalah Samsung. Katanya sih pilihan ini tidak bisa diganggu gugat. Melirik ke lain merk pun tidak mau. Khas emak-emak yah jika berpendapat harus disetujui. Apalagi Samsung J5. Smartphone pilihan di kelas entry-level dengan harga yang lumayan. Walaupun kalau uangnya dihitung, harga Samsung J5 ini masih mahal yakni sekitar 2 jutaan. Oh, ya beberapa hari yang lalu saya habis beli smartphone terbaru di MatahariMall lho. Sempet galau juga mau beli yang mana antara ingin membeli seperti yang ibu-ibu idolakan atau membeli sesuai dengan budget.

“Jangan merk si anu, panas. Pakai Samsung saja bagus kok.” kata ibu A.

“Merk si anu gapapa kok, Bu. Spesifikasinya keren dan murah.” Kataku membela merk lain.

“Pokoknya jangan merk lain deh! Samsung aja. Awet kok.” Hahaha. Iya deh mom. Ah, jadi penasaran nih, apa sih yang membuat mereka begitu jatuh hati pada Samsung?

Tidak masalah sih jika mereka ngotot dengan pilihan hati seperti pendapat ibu-ibu yang selalu mengatakan bahwa suami merekalah yang paling ganteng. Haha. Iya iya. Kalau suami sih yang berhak mengklaim kegantengan hanya istrinya saja. Namun, smartphone Samsung ini banyak ibu-ibu yang mengklaim kegantengannya karena memang smartphone besutan Samsung adalah yang paling laris manis di pasaran. Awet dan wanteg. Inilah yang membuat ibu-ibu jatuh hati. Awet alias tahan lama yang bikin irit supaya tidak rajin membeli smartphone karena cepat rusak maupun harganya yang murah dan wanteg dibanting-banting. Hahahaha. Iya, bener banget. Apalagi kalau ada balita diantara kita. Memang butuh yang tahan banting. Harga Samsung J5 memang menakjubkan namun termasuk murah untuk harga sebuah smartphone yang handal.

Tapi, biarpun wanteg jangan dibanting-banting seperti banting piring yah, bu, kalau sedang memendam rasa.

Kalau hendak membeli smartphone, biasanya ibu-ibu akan mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan untuk membawanya pulang. Salah satu factor yang membuat ibu bahagia adalah harganya yang terjangkau. Harga smartphone Samsung ini ternyata bervariasi mulai dari harga ratusan ribu saja hingga belasan juta rupiah.

Namun, saya disini akan menginformasikan salah satu saja dari tipe smartphone besutan Samsung di kelas entry-level. Yakni Samsung J5.

Alasan ibu-ibu memilih Samsung J5 sabagai smartphone andalan :

Layar 5.0” Super AMOLED sehingga gambar yang dihasilkan luar biasa dan video sejernih Kristal. 
Hardware berbahan metal yang menakjubkan dan kamera yang bagus.
Quick Launch yang memudahkan pengguna mengakses kamera dengan cepat.
Baterai yang awet
Browsing lebih cepat berkat processor Galaxy J yang dapat diandalkan

Spesifikasi Samsung J5
Prosesor
CPU Speed 1.2GHz
CPU Type Quad-Core

Display
Ukuran (Main Display) 5.0" (126.3mm)
Resolusi (Main Display) 720 x 1280 (HD)
Teknologi (Main Display) Super AMOLED
Kedalaman Warna (Main Display) 16M
Dukungan S Pen Tidak


Kamera
Resolusi Rekaman Video FHD (1920 x 1080) @30fps
Main Camera – Resolution CMOS 13.0 MP
Front Camera – Resolution CMOS 5.0 MP
Main Camera – Flash Yes
Main Camera - Auto Focus Yes

Spesifikasi Fisik
Dimension (HxWxD, mm) 142.1 x 71.8 x 7.9
Weight (g) 146

Jaringan
Multi-SIMDual-SIM
SIM sizeMicro-SIM (3FF)
Infra2G GSM, 3G WCDMA, 4G LTE FDD, 4G LTE TDD
2G GSMGSM850, GSM900, DCS1800, PCS1900
3G UMTSB1(2100), B2(1900), B5(850), B8(900)
4G FDD LTEB1(2100), B3(1800), B5(850), B7(2600), B8(900)
4G TDD LTEB40(2300)
Sensors Accelerometer, Hall Sensor, Proximity Sensor

       Sistem Operasi Android
Memori
RAM Size (GB) 1.5 GB
ROM Size (GB) 8 GB
Available Memory (GB) 4.3 GB
Dukungan Memori Eksternal MicroSD (Up to 128GB)

Audio dan Video
Video Playing Format MP4, M4V, 3GP, 3G2, MKV, WEBM
Video Playing Resolution FHD (1920 x 1080) @30fps
Audio Playing Format MP3, M4A, 3GA, AAC, OGG, OGA, WAV, AMR, AWB, FLAC, MID, MIDI, XMF, MXMF, IMY, RTTTL, RTX, OTA
Baterai
Internet Usage Time(3G) (Hours) Up to 9
Internet Usage Time(LTE) (Hours) Up to 9
Internet Usage Time(Wi-Fi) (Hours) Up to 11
Video Playback Time (Hours) Up to 13
Standard Battery Capacity (mAh) 2600
RemovableYes
Audio Playback Time (Hours) Up to 62
Talk Time (3G WCDMA) (Hours) Up to 18

Konektivitas
ANT +Ya
Versi USB USB 2.0
Teknologi Lokasi GPS, Glonass, Beidou
Earjack 3.5mm Stereo
MHL Tidak
Wi-Fi 802.11 b/g/n 2.4GHz
Wi-Fi Direct Ya
Bluetooth Version Bluetooth v4.1
NFC No
Profil Bluetooth A2DP, AVRCP, DI, HFP, HID, HOGP, HSP, MAP, OPP, PAN, PBAP
PC Sync. Smart Switch (PC version)
Informasi Umum
Warna BLACK
Form Factor Touch Bar

 Aplikasi dan Layanan
Wearable Device Support Gear Circle (Manager Support)
S-Voice Tidak
Mobile TV Tidak
Sumber : www.samsung.com/id

Wednesday, 15 February 2017

Hatiku Riang Kemanapun Ikut Ummi Jalan-jalan



Sayup-sayup suara rintik hujan mengiringi suara Upin Ipin yang di stel anakku. Deras yang entah kapan kan bertepi. Hawa dingin pun menusuk hingga ke tulang. Belakangan ini cuaca sangat tidak besahabat. Walaupun saya hanya pegawai kantoran dari balik jendela kamar *eh. Namun saya berhak khawatir akan kesehatan keluarga.

Wednesday, 1 February 2017

Minum Jamu Apa Yaa Biar ASI Lancar?

Muthmainnah.com : Bismillahirrahmaanirrahiim.
Suara gemericik hujan di malam gelap menghanyutkan raga ke dalam pelukan rindu Pulau Kapuk berhamparkan kain biru. Bantal-bantal yang berjejer rapat menghangatkan sosok yang tengah tidur diatasnya. Yah, buah hatiku meringkuk dingin lagi nyenyak berpeluk bantal panjang. Ah, dia sudah besar. Orang tuaku bilang dia sedemikian sehat karena kuat minum ASI. Sehingga dia menjadi kuat lagi sehat. Namun, memang aku harus berkorban berat badan berkurang drastis.

Tuesday, 31 January 2017

How To Create a Creative Content For Beginner

 Awal mula saya ngeblog itu ketika SMA tahun 2009. Itupun hanya iseng-iseng karena narsis ingin namanya ada di google sebagai pesilat tapak suci. Hihihi. Bertahun-tahun artikelnya hanya satu itu saja. (It works sih. Sampai hari ini masih bisa ditelusur di pencarian google dengan nama asli saya dan saya sempat menyesal. Foto-foto masa lalu itu masih nangkring disana (yang saya unggah) dan saya tidak bisa menghapusnya) Waktu itu saya nggak paham blog. Tidak mengerti cara menulis konten kreatif yang paling wajib dikuasai blogger. Menulis konten kreatif adalah hal yang gampang-gampang susah namun susah-susah gampang. So, harus benar-benar menghayati dari hati agar bisa paham dan enjoy mempraktekkannya.

Sunday, 15 January 2017

Kulit Sehat dan Lembut dengan Redwin Sorbolene Moisturiser


Muthmainnah.com : Bismillahirrahmaanirrahiim. Kulit yang sehat adalah yang selalu diidam-idamkan oleh para wanita. Biasanya mereka menilai kulit yang sehat adalah yang putih. Ada pula yang berkeyakinan bahwa kulit yang sehat adalah yang lembab dan tidak kering. Macam-macam sih. Saya termasuk yang mempunyai kepercayaan bahwa kulit yang sehat adalah yang tidak mempunyai banyak masalah (walaupun yang punya kulit mempunyai banyak masalah). Kulit harus bersih (tidak harus putih) dan tidak mbekisik (kering, kasar, dan bersisik).

Wednesday, 30 November 2016

Resensi Buku : Seberapa Berani Anda Membela Islam?



Muthmainnah.com : Bismillahirrahmaanirrahiim. Seberapa Berani Anda Membela Islam? Adalah judul sebuah buku karya Na’im Yusuf sekaligus pertanyaan yang menyentuh hati para kaum muslimin. Hei, seberapa berani antum membela agamamu, Islam? Apakah antum sanggup binasa asal akidahmu selamat? (Afwan ya ummi, jika mungkin kalimatnya kurang lembut 😊) Lalu muncul pertanyaan, lho kenapa harus binasa? Why? Mengapa? Ngeri ya membela agama nganggo toh nyowo. (Dan sebagian orang berkata) “Ahhh, hidup ini indah jangan mau mati konyol tergila-gila pada dunianya akhirat.” Saya pun terwow-wow dengan mereka yang berfikir sesempit itu.
Aahhh, mereka sebagian tak paham dan sebagiannya lagi belum mau memahami mengapa agama yang rahmatan lil ‘alamin ini harus dibela. Toh nyowo sisan. Lalu, seberapa berani Anda membela Islam? Terus, apakah bela agama harus ‘main petasan’ kemana-mana? Oh, no no no! Islam agama yang damai. Islam itu anti perang. Pantang nyerang duluan. Tapi jika sudah diserang pasti pantang mundur.

Popular Posts

Followers

Follow by Email

Powered by Dewaweb