Banner

https://www.muthmainnah.com

Resep Oseng Tempe


Bismillah. Assalamualaikum Umi. Bagaimana kabarnya? Akhir-akhir ini saya lagi gandrung buat masak oseng-oseng, nih. Mulai dari oseng kangkung, oseng tempe, oseng bihun dll.

Nah, sekarang saya tulis dahulu yang resep oseng tempe. Mudah kok dan murah. Cocok untuk situasi saat ini yang harga apa saja sedang naik. Hahaha.


Saya memakai 2 papan tempe karena dapat yang kecil, harganya 1 papan 2500. Oh, ya, sebelumnya afwan ya umi karena tadi spontan jadi hanya sempet 'cekrek' foto setelah jadi. Hehehe.

 
Bahan untuk membuat oseng tempe:
2 papan tempe (atau boleh disesuaikan selera umi mau seberapa banyak) potong dadu ya, umi.


Bumbu oseng tempe:
3 siung bawang putih, digeprek&cincang.
2 buah cabe rawit, dipotong serong.
3 buah cabe merah besar, dipotong serong.
2 cm laos, geprek hingga gepeng.
1 sdm kecap pedas (saya pakai merek bango atau terserah)
1 sdm gula merah.
1/2sdt garam.

Kita langsung saja ya karena semua bahan dan bumbu sudah dicincang. Tinggal cemplung aja

Cara membuat oseng tempe:
1. Panaskan minyak untuk menumis ke dalam wajan.
2. Masukkan b laos, cabe merah, cabe rawit, bawang putih cincang lalu aduk sampai harum.
3. Masukkan gula merah dan kecap pedas. Aduk lagi. Tunggu sebentar saja sampai kayak mendidih kecapnya (eh gimana ya ngungkapinnya)
4. Masukkan tempe. Aduk rata.
5. Masukkan air. Aduk-aduk rata (oseng) hingga kuah susut.
6. Ketika air hampir susut, masukkan garam lalu aduk lagi hingga rata dan air benar-benar susut.
7. Angkat dan sajikan.

Jadi deh. Oseng tempe bisa dihidangkan untuk menemani nasi sarapan maupun makan siang.


Biasanya sih kalau saya sarapan pakai oseng tempe ini nglawuhi karena memang favorit keluarga kami. Kalau dibawa untuk bekal ke kebun pun asyik juga makan di kebun lauk oseng tempe. Serasa kebun adalah taman-taman yang indah.

Nah, itu tadi resep oseng tempe kesukaan keluarga saya yang rasanya pedas manis. Ada berbagai macam versi sebenarnya oseng tempe itu, namun a la saya ya begini.

Jangan lupa lihat resep saya yang lain juga ya.

Post a Comment

7 Comments

  1. Bahan dan cara pembuatannya sederhana. Mudah untuk diaplikasikan. Dan yang terpenting, tempe itu mudah banget didapat. Meski cuma tempe, kalau masaknya bener, jadi nikmat deh, bisa nambah nasi makannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi tinggi protein jg mb..
      Cocok jg utk yg diet

      Delete
  2. Meluncur ah, pengen ekseskuis tempe hari ini :-)

    ReplyDelete
  3. Sayangnya kalo di rumahku,pamornya kalah dibanding tempe goreng tepung, Mbak. 😊

    ReplyDelete
  4. Ini juga menu favoritku di rumah. Bikinnya gampang. Bahannya murah.Enak lg 😄

    ReplyDelete
  5. Bisa jadi ide menu masak besok nih. Udah sering sih masak oseng tempe.
    Tapi suka kelupaan aja masuk dalam daftar menu hehehe

    ReplyDelete
  6. Olahan tempe selalu menjadi favorit

    ReplyDelete

Jazakumullah khair..
Silahkan tinggalkan kesan dan pesan.