Banner

https://www.muthmainnah.com

Resep Oseng Kangkung Sederhana

Assalamu'alaikum Ummi.

Resep oseng kangkung sederhana

Muthmainnah.com. Alhamdulillah rasanya senang sekali bisa ngepost tentang resep masakan lagi. Yah, walaupun resep ala-ala yang praktis dengan bumbu seadanya. Mohon maaf ya jika masakan saya mungkin belum terlihat mengesankan karena sebenarnya saya juga lagi belajar memasak. Hehehe. Belajar masak sambil ditulis buat ngapalin bumbu kalau lupa.

Hari ini saya mau memasak sayur kesukaan saya namun saya mix dengan citarasa yang digemari oleh suami saya. Yaitu, ebi. Suami saya sangat menyukai rasa-rasa asin ebi. Sebenarnya sih lebih menyukai kalau oseng kangkung diberi rasa terasi namun di dapur saya sedang tidak ada terasi.


Resep oseng kangkung sederhana

Resep Oseng Kangkung Sederhana

Bahan-bahan:
2 ikat kangkung
2 sdm ebi

Bumbu-bumbu:
2 siung bawang merah, cincang
2 siung bawang putih, cincang
Lengkuas, terserah mau seberapa.
(Saya suka rasa-rasa lengkuas makanya saya menggunakan segede ini.)
1/2 sdm garam
1/2 sdm gula pasir

Cara membuat oseng kangkung:

1. Cincang bawang merah dan bawang putih.
2. Cuci lengkuas lalu geprek. (Kalau saya, saya geprek sampai gepeng-gepeng. Hampir gepenglaaahh.)
3. Petik kangkung, lalu cuci.
4. Panaskan minyak goreng sedikit saja dalam wajan.
5. Masukkan lengkuas. Tumis dulu sebentar.
6. Masukkan bawang merah dan bawang putih cincang.
7. Masukkan ebi. Tumis hingga semuanya layu.
8. Masukkan kangkung. Beri setengah gelas air. Lalu diamkan hingga layu bagian bawah.
(Seperti ini karena wajan saya penuh, makanya begini. kalau tidak kepenuhan langsung dibolak-balik saja sampai layu.)
9. Setelah layu hampir matang, masukkan garam dan gula. Aduk merata.
10. Angkat. Sajikan.

Resep oseng kangkung sederhana

Kok sebentar sekali waktu untuk memberi garam dan gulanya? Ehm jadi untuk garam dan gula waktu sesingkat itu cukup kok untuk membuat kedua benda tersebut larut. Rasa boleh dapat, tetapi kandungan yodiumnya kalau saya mengusahakan agar tidak terlalu lama terkena panas biar gak hilang. Oh, ya jangan kebanyakan juga yah garamnya biar gak darah tinggi karena jika berlebihan garam juga tidak bagus untuk tubuh kita.

Nah, seperti itulah resep saya membuat resep oseng kangkung sederhana. Kalau ummi mau request resep boleh kok ditambahin di kolom komentar ya.

Posting Komentar

30 Komentar

  1. aku dirumah rajin bikin oseng kangkung. karena anak-anakku suka banget sama kangkung.. lezat dan bergizi, serta simple buatnya..

    BalasHapus
  2. Salahsatu menu kesukaan saya, teman nasi ngepul plus tempe goreng dan sambal.yumm, bacanya jadi tambah laparr.maka nikmat mana yg kudustakan?

    BalasHapus
  3. Oseng kangkung is my life, favorite aku bangeeet ini, enyak enyak apalagi kalau pedes, wih mantabs

    BalasHapus
  4. Oseng kangkung kesukaan anak-anakku, suka lahap makannya kalau masak oseng kangsung

    BalasHapus
  5. Tambahin cabe, alias pedesin dikit. Lalu tambahkan nasi dan lauk lainnya, ya allah nikmat bener

    BalasHapus
  6. kadang juga suka bingung mau buat sayur apa, klw bayam sih nggak tahan lama
    akhirnya menu andalan tumis kangkung, next mau lah dicoba oseng kangkung

    BalasHapus
  7. Wah tumis kangkung kesukaanku. Ternyata pakai lengkuas ya, biar rasanya mantap. Ok dicobain deh :)

    BalasHapus
  8. Saya biasanya kalo masak kangkung bumbunya cuma bawang merah, bawang putih, cabai, garam. Gitu aja udah enak apalagi kalo ditambah bumbu lain yaaa...

    BalasHapus
  9. Waaaah, favorit orang-orang rumah nih. Ditambahin telur puyuh atau sosis, anak-anak makin lahap makannya. Bisa sampe nambah nasi 2x. :D

    BalasHapus
  10. wah ini kelebihannya tambah ebi ya dibanding oseng yg biasa..kalau saya suka pke terasi hehe..boleh juga nih dicoba enak kayaknya pernah juga pke udang rebon..makan bareng nasi putih panas wah mantap :)

    BalasHapus
  11. Saya termasuk yang masak itu dadakan untuk urusan tumis2 kayak kangkung ini. Karena enak langsung makan dan habis hehe..jadi kalau pulang kerja itu masak. Karena nggak suka simpen-simpen plus anget2in masakan. Ini menu sederhana yang udah luar biasa pas ketemu nasi ya

    BalasHapus
  12. Nah, kalo aku baca resep di tempat lain. Saat menumis atau menggoreng kangkung harus dengan minyak yang banyak biar enak dan resep mantap

    BalasHapus
  13. Wahh pas banget di kulkas memang ada kangkung, dan sayah lagi bingung mau masak sayur apa..
    Cuzzz langsung eksekusi hehehe.. Yang ini bumbunya lebih komplit. Pasti lebih enak (",)

    BalasHapus
  14. Waini, makanan paporitku, oseng kangkung, makin pedes makin endeus...

    BalasHapus
  15. mudah untuk direcook! mari coba ah

    BalasHapus
  16. Kalau saya suka ditanbahditambah cabe merah giling dan terasi..
    LeBih nyoos hehe

    BalasHapus
  17. Laksmi Sagita Ningrum9 Mei 2018 20.06

    Sayangnya saya alergi ebi, tapi bisa dong diganti udang segar?
    Mari kita eksekusi...

    BalasHapus
  18. Aku biasanya pake saos tiram aja ma irisan bawang dan tomat, oseng kangkung memang satu-satunya oseng ssayuran yang jadi favorit, selain tumis genjer.

    BalasHapus
  19. Aku biasanya pake saos tiram aja ma irisan bawang dan tomat, oseng kangkung memang satu-satunya oseng ssayuran yang jadi favorit, selain tumis genjer.

    BalasHapus
  20. Kangkung juga menu favorit di rumah kita, Mbak. Anak-anakdan ayahnya doyan semua.

    BalasHapus
  21. Kece nih Umi,aku juga kalau ngoseng lebih pilih pakai ebi utk penyedapnya, hehe

    BalasHapus
  22. Kesukaankuuuuu. Cuma skrng lg pengen nanem kangkung sendiri mbak, supaya lbh sehat lagi :D

    BalasHapus
  23. Meskipun sederhana tapi rasanya luar biasa, terkadan hal seperti ini aku kangenin di perantauan. Meskipun di perantauan ada, tapi tetap nggak seeenak masakan dirumah, terutama masakan ibu..he

    BalasHapus
  24. Resepnya bagus untuk persiapan berbuka dan sahur nihhh

    BalasHapus
  25. waini kesukaan keluarga :)

    BalasHapus
  26. kami sekeluarga sukaaaa oseng kankung....
    tentu saja masaknya karena praktisss

    BalasHapus

Jazakumullah khair..
Silahkan tinggalkan kesan dan pesan.