Banner

https://www.muthmainnah.com

Resep Sate Lilit Khas Bali (homemade)


Hampir semua orang pasti pernah menginginkan pergi piknik untuk refreshing sejenak dari rutinitas harian, berlibur bersama keluarga saat liburan, maupun merayakan pernikahan di daerah wisata yang romantis.

Salah satu tempat yang jadi favorit untuk berlibur ialah Bali. Tak hanya alam dan budayanya saja yang memukau. Bali juga mempunyai beragam kuliner yang harus dicoba nih. Salah satunya ialah Sate Lilit khas Bali yang membuat orang yang belum memakannya jadi penasaran rasanya seenak apa sih.


 

Ingin Wisata Kuliner Ke Bali

Sudah lama banget ingin ke Bali untuk mencoba Sate Lilit langsung di tempat asalnya namun belum kesampaian juga. Ibuku malah sudah dua kali terbang ke sana. Kalah deh sama mamak. Malah yang terakhir ini kan beliau kondangan tuh ke Bali, salah satu sepupu tiriku dapat orang Bule dan resepsinya di salah satu hotel bintang 5 di Bali. Pamer gini-gini ketemu bulek paklek juga bule-bule putih. Tidur di kamar yang nyaman. Nyobain kuliner juga disana.

Ngebayangin pasti seneng banget ya. Apalagi disana memang tujuan wisata yang terkenal di seluruh dunia. Selain menyuguhkan pemandangan indah dan kebudayaan yang unik pasti banyak hotel di Bali yang bagus-bagus dan nyaman. Ah, pantas saja mbak bule ingin menikah di sana.

Rekomendasi Penginapan Di Bali

Banyak hotel di Bali yang bisa dijadikan pilihan untuk beristirahat selama berada disana. Hotel murah dengan fasilitas yang baik atau hotel dekat pantai agar jarak dengan objek wisata tidak terlalu jauh juga ada.

Paling mudah sih cari via pegipegi.com. Disana lengkap sekali kalau mau cari hotel murah ada kok yang harganya mulai 100ribuan sudah merupakan hotel terbaik. Fasilitas bagus dan nyaman untuk beristirahat. Tapi kalau mau yang lebih bergengsi, boleh memilih hotel bintang 4 yang harganya juga terjangkau mulai dari 350ribuan seperti di Best Western Resort Kuta.

Best Western Resort Kuta

 

Bikin Sendiri Sate Lilit Khas Bali

Daripada hanya bayangin sambil iri sama mamak yang sudah mengunjungi Bali, saya mau nyicil dulu nyicipin kulinernya. Coba-coba bikin kuliner khas Bali dulu ala ala sendiri di rumah alias homemade. Mau coba bikin Sate Lilit dengan resep dari melihat beberapa resep dari Youtube dan memang rata-rata resepnya seperti ini. Yuk mari dicoba.

 

Cara Membuat Sate Lilit Khas Bali

Bahan :
½ kg ayam atau ikan bandeng fresh (optional) saya pilih menggunakan ayam. Cincang halus lalu haluskan lagi dengan menggunakan blender.
1 mangkok kelapa parut (saya gunakan yang sudah disangrai/disrundeng tanpa bumbu) dan saya tambahkan
2 sdm gula merah iris.

Bumbu Halus :
5 buah bawang merah
3 siung bawang putih
2 cabai merah besar yang dibuang bijinya
1 ruas jahe
2cm kunyit
3 buah kemiri sangrai
1 buah terasi bakar
Garam, ketumbar, dan merica secukupnya

Bumbu lain :
15 batang serai untuk membuat pentul satenya
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk yang diiris tipis

 

Cara membuat Sate Lilit Khas Bali :

1.    Haluskan semua bumbu lalu tumis hingga matang. Dinginkan.
2.    Haluskan daging. Pindahkan ke mangkok lain.
3.    Masukkan kelapa sangrai dan bumbu.
4.    Siapkan serai, lalu lilit serai dengan adonan ayam tadi.
5.    Panggang diatas pan grill atau pan teflon biasa juga bisa.
6.    Jadi deh. Lalu sajikan dengan sambal matahnya.

Sate Lilit Khas Bali sudah siap dan saatnya dihidangkan.

Alhamdulillah enak dan keluarga suka.

Sudah serasa di Bali nih efek makan Sate Lilit. Boleh nih kalau misal merencanakan liburan ke Bali bakal coba makan langsung juga disana biar afdhol. Sate Lilit Khas Bali ini sebenarnya simple membuatnya dan rasanya enak.

Tapi kalau ga mau bikin sendiri dan ingin langsung mencicipi ke sana boleh juga. Segera booking hotel di Bali via pegipegi.com agar ga kehabisan kamar karena sebentar lagi liburan telah tiba. Have a nice holiday.


Post a Comment

1 Comments

  1. Sudah tercium aromanya sampai disini. Wah ternyata bisa pakai ikan bandengn ya. Tapi ikan bandeng itu durinya. Sebaiknya aku ciba yang pakai ayam ahhhh. Sate lilit ini kesukaan pas waktu di Bali.

    ReplyDelete

Jazakumullah khair..
Silahkan tinggalkan kesan dan pesan.