Banner

https://www.muthmainnah.com

Wonderful Indonesia di Bumi Besemah Kota Pagaralam


Kota Pagaralam mungkin belum begitu terkenal di kalangan masyarakat Indonesia luas. Namun kota ini sangat patut untuk dikunjungi karena eksotisme alamnya yang benar-benar wonderful. Pagaralam ini adalah sebuah kota kecil di lereng Gunung Dempo Sumatera Selatan. Gunung Dempo ini letaknya yang diatas pegunungan Bukit Barisan. Karena diatas pegunungan maka Pagaralam merupakan kota yang asri dan sejuk dingin serta mempunyai keindahan alam yang menakjubkan. Wonderful Indonesia di Bumi Besemah.


Hidup Di Bumi Besemah

Paling sedikit saya sudah hampir enam bulan tinggal di sini. Kota ini benar-benar asri, dingin, dan suasananya tidak panas. Banyak sekali buah dan sayuran yang tumbuh subur di daerah ini. Tinggal tanam di halaman rumah, maka ia akan tumbuh lebat. Lumayan hemat kalau menanam sayuran sendiri.

Tinggal disini lama jangan sampai melewatkan wisatanya yang menakjubkan. Apalagi kota ini sering dikunjungi turis lokal dan bule untuk mendaki ke puncak Gunung Dempo. Keindahan sunrise di puncak Dempo dan danau kawahnya sangat indah. Nggak mau kalah dong sama turis yang hanya bertamu saja mainnya lebih jauh.

Sebenarnya tak hanya kawah Gunung Dempo saja yang menjadi primadona wisatawan yang datang kesini. Beberapa objek wisata disekitar Kota Pagaralam juga tak kalah eksotis. Apalagi objek wisata ini belum banyak dijamah manusia sehingga keaslian alamnya hampir belum berubah kecuali akses jalan yang diberi tangga beton agar tidak licin.


Akses Ke Kota Pagaralam

Ada beberapa akes jalan dari kota lain ke sini. Namun rute yang paling dekat dan mudah menuju kota ini adalah melewati kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Hampir sebagian besar perbatasan kota ini dikelilingi oleh kabupaten Lahat. Hanya di bagian sebelah barat yang berbatasan dengan provinsi Bengkulu.


Dari Palembang
Naik travel langsung ke Kota Pagaralam.

Dari naik Bus Trans Sumatera-Jawa
1. Kalau naik bus dari Sumatera maupun Jawa turun di Lahat (Kabupaten Lahat). Tepatnya di pertigaan/simpang tiga menuju Kota Pagaralam.
2. Lalu naik mobil kecil ke Kota Pagaralam melewati bantaran sungai Lematang yang indah. Ongkos dari Lahat ke Pagaralam perorang 20-50 ribu, tergantung barang bawaan. Turun di Simpang Mana lalu lanjut mobil kecil atau ojek untuk keliling Kota Pagaralam.

Atau dari Jawa tanpa harus oper bus, naik bus Sinar Dempo atau TIA (Telaga Indah Armada)
Naik bus Sinar Dempo/Telaga Indah Armada langsung sampai ke Kota Pagaralam (rute Yogyakarta – Purwokerto – Jakarta – Pagaralam) Dari Yogyakarta ongkos sekitar 550ribu sedangkan dari Jakarta ongkos sekitar 350ribu. Turun di Pol bus di sekitar pasar. Disana banyak ojek atau angkutan yang bisa mengantar ke tujuan.

Penginapan Di Kota Pagaralam

1. Penginapan Simpang Pagar Gading (utara alun-alun Kota Pagaralam)
2. Resort di sekitar Gunung Gare
3. Homestay di daerah Nendagung (Jl. Dempo Raya)
Dll.



Wisata Di Kota Pagaralam

Arum Jeram di Air Manna

Air Manna ini adalah sungai yang aliran airnya deras. Banyak sekali wisatawan datang kemari untuk berarum jeram. Rutenya pun lumayan memacu adrenalin lho. Walaupun belum pernah merasakan berarum jeram disana, tetapi melihat orang yang mencobanya sepertinya memang mengasyikkan.

Curup Tujuh Kenangan

Air terjun ini berundak atau bertingkat. Sangat indah sekali makananya diberi nama Tujuh Kenangan karena setiap orang yang datang pasti memperoleh kenangan yang mengesankan. 

Curup Mangkok

Letaknya di pinggir jalan gunung Dempo. Tinggal menuruni tangga semen yang jaraknya tak terlalu jauh sudah bisa menikmati indahnya air terjun Curup Mangkok. Lumayan tinggi air terjun ini.

Curup Embun

Air terjun Curup Embun letaknya tak begitu jauh dari Curup Tujuh Kenangan dan Curup Mangkok. Masih di sekitaran jalan gunung. Pemandangannya pun masih tetap indah.


Perkebunan Teh PTPN

Perkebunan ini salah satu tempat berfoto favorit saya. Pemandangannya indah dan suasananya sangat dingin. Akses menuju ke sini tidak terlalu sulit.


Gunung Dempo 

Gunung yang mempunyai ketinggian 3.175 mpdl ini merupakan pesona nomor satu yang menarik para wisatawan untuk berkunjung kota ini. Merupakan gunung berapi yang masih aktif namun sedang tidur. Eh, gimana ya? Terkadang dia masih sesekali terbatuk tetapi dia tak sampai meletus dahsyat seperti Gn. Merapi di Yogjakarta ataupun Gn. Sinabung di Sumatera Utara.

Gn. Dempo mempunyai telaga diatasnya yang merupakan kawah yang terisi dengan air. Uniknya air di telaga kawah ini dinginnya luar biasa, lho. Tidak panas. Malah air panas atau Geyser ada di lereng gunungnya. Tepatnya di desa Tanjung Sakti. Warga setempat biasa menggunakan geyser untuk keperluan memasak masakan untuk hajatan besar seperti merebus telur dan merendam ayam yang hendak dicabut bulunya. Praktis ya dan hemat gas tentunya.

Tugu Rimau (Pintu gerbang menuju puncak Gunung Dempo)

Perkebunan Jeruk Gergah milik warga dusun


Makanan Khas Kota Pagaralam

Sama seperti makanan khas di Palembang. Makanan khas kota Pagaralam antara lain Tekwan, Model, Pempek, Tempuyak, Juada Basah/Bolu Koja dll.



Daerahmu berkesan juga? Yuk ikuti Wonderful Indonesia Blog Competition dan menangkan hadiah menarik total lima juta rupiah.

Post a Comment

1 Comments

  1. Wihhhhh pingin banget Pagarlaram. kebetulan kakaku sekrang dutugaskan di Palembang. Suka dengan hawa sejuk dan kebun teh. Pinginnya pas kesini nginep.

    ReplyDelete

Jazakumullah khair..
Silahkan tinggalkan kesan dan pesan.